Minggu, 18 Agustus 2013

Judul buku : KAFE CURHAT REMAJA
Penulis : Marenda Darwis
Jumlah Halaman : 90 halaman
Penerbit : Eureka!
Cetakan : I

Jika berbicara tentang ABG (anak baru gede) atau remaja selalu menyenangkan sekaligus melelah-kan.Menyenangkan karena ini masa pertumbuhan kekuatan dan usia,yang dimana bertumpu harapan semua orang tentang masa depan peradaban ini.Tapi juga melelahkan takkan ada habisnya mengurai habis problem dan kenakalan remaja.Tapi sesungguhnya,disinilah sisi menarik dan menantangnya.

Maka dari itu,para kapitalis (yang mewakili dunia hiburan) berlomba-lomba untuk mengangkat tema remaja ke dalam dunia hiburan.Hampir semuanya,mulai dari film,sinetron,musik,reality show semua tentang remaja.Alasannya adalah membentuk karakter remaja.Meskipunmembentuk karakter yang nggak jelas.Karena,tema remaja sangat laku dipasaran.Tapi,tak bisa dibayangkan jika nasib bangsa dan agama diserahkan pada para kapitalis bermental materialistis yang menghalalkan segala cara.

Remaja sendiri adalah mereka yang berusia antara 13-16 tahun.Remaja memiliki keunikan tersendiri.Mereka cuek,lebil,indisipliner,dan tak tahu tujuan hidup.Tapi bagi remaja,mereka menganggap dirinya sebagai manusia yang tak pernah dihargai dan diperhatikan oleh orang dewasa. Kerja kerasnya jarang diapresiasi.Mereka selalu dikekang kreativitas dan ide-idenya serta dijadikan sasaran omelan.Apapun dianggap salah.

Kini pengaruh TV,film,musik,dan fashion sudah melebihi taklim,tahsin,maupun belajar fisika. Sekarang anak-anak ABG masih alergi sama buku-buku yang berbau agama karena masih ada image kalau buku-buku keagamaan itu identik dengan dosa,pahala,surga,dan neraka.Tidak dipungkiri, kerusakan remaja kita sudah sangat parah dan kompleks.Maka dari itu,kita harus melakukan berbagai cara yang kreatif dan inofatif tapi tetap dalam batas-batas syariat. 

Ciri khas remaja : 
1. Tidak suka dinasihatkan apalagi dimarahi.
Tips :  
-Jangan nasihati mereka didepan teman-teman atau keluarganya
-Kalau mereka melakukan kesalahan,jangan reaktif!Ajak bicara santai
-Buat kesan membelanya,bukan menyalahkannya

2. Mencari contoh untuk dirinya.
Karakter remaja ini harus dipahami betul oleh para da’i,orang tua,dan guru yang ingin menaklukkan dan merawat mereka.Mereka suka sekali mengikuti tren terbaru dan juga mencari contoh sehingga meniru gaya orang lain.Seperti menghias diri seperti seorang selebroti.Mereka mencari sebuah cerminan untuk dirinya.
Tips :
-Kita harus ‘kuasi’ idola para remaja untuk diketahui kelemahannya
-Berikan sebuah keteladanan
-Ajak mereka mengenal dirinya sendiri

3. Aktualisasi diri.
Biasanya,mereka yang tidak dekat dengan orang tuanya akan menumpahkan segala perasaannya kepada ‘Geng’nya dan masa-masa remaja inilah yang membuat mereka menjadi seorang yang aktif disekolah maupun non-sekolah. 

4. Jatuh cinta.
Remaja akan selalu identik dengan kisah-kasih disekolah dan segala sesuatu yang berhubungan dengan cinta.Mereka jatuh cinta,tetapi kadang tidak mengerti arti cinta yang sesungguhnya.
Tips:
-Jangan melarang mereka untuk tidak jatuh cinta,karena cinta mengalir dengan dirinya
-Yakinkan kalau cinta itu fitrah
-Dan arti menjaga kesucian cinta

TIPS DAN TRIK MENGGANDENG REMAJA :

Mengapa anak-anak ABG sangat alergi terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan islam??Mengapa mereka tidak butuh mengikuti yang menguntungkan mereka?Malah lebih conndong ke acara yang sama sekali tak ada manfaatnya???Ternyata alasan mereka adalah :76% malas,20 % membosankan,dan 4 % tergantung keadaan.Jadi,kita memerlukan beberapa modal untuk menggandeng dan lebih dekat dengan mereka.
Modal ruhiah : iman,ikhlas,optimis,dan sabar.
Modal khusus : PeDe,Mengikuti hal aktual dikalangan mereka,mengerti permasala-han mereka tapi tidak terlalu dalam,
Cara bergaul dengan remaja : Komunikasi,jauhi yang mereka tidak suka, bantu pecahkan masalah,dan doakan!

Maka dari itu,yang perlu jadi renungan kita para da’i,guru,dan orang tua adalah mereka enggan datang ke acara-acara keislaman karena menurut merkea membosankan.
Cara taklim yang ditunggu-tunggu oleh remaja :
1.Minta maaf (dimulai dengan maaf dan diakhir dengan maaf jika ada kata-kata yang salah).
2.Posisikan mereka sebagai teman.
3.Usahakan do’a pembuka yang berbeda.
4.Mulai dengan menuji mereka.
5.Berbicara dengan aplikatif,bukan normatif.
6.Pandangan tidak tertuju pada satu tempat.
7.Body Language
8.Buat sedikit lelucon
9.Jangan terlalu lama ketika taklim
10.Tutup taklim dengan indah
11.Tantang untuk hadir di taklim depan.

Jadi,dakwah dikalangan remaja tidak bisa hanya untuk mengisi waktu luang. Tapi juga membutuhkan kesabaran dan kerja keras.Karena,musuh-musuh Allah tidak pernah berhenti untuk berpikir,membuat riset dan merusak moral juga aqidah remaja kita.Padahal remaja inilah yang akan menentukan islam dimasa depan!

2 komentar

apakah ada ebook atau download pdf buku kafe curhat?

REPLY

jadi penasaran sama buku aslinya

REPLY

Hanifah Rahma Rosyida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates